7 Rutinitas Jelek waktu Bangun Pagi yang Dapat Mengakibatkan kerusakan Mood Sepanjang hari

Tiap orang tentu inginkan hari yang lebih lancar dan baik dibanding hari awalnya. Tetapi dapat selesai jadi hari jelek bila aktivitasmu dengan diawali kebiasaan-kebiasaan buruk.

Seperti diambil dari Bustle, di bawah ini tujuh rutinitas jelek yang butuh dijauhi supaya harimu jadi lebih baik.

1. Memencet Tombol Menunda waktu Alarm Mengeluarkan bunyi

Rutinitas beberapa orang pada pagi hari ialah memencet tombol 'snooze' atau 'tunda' saat alarm mengeluarkan bunyi. Tunda bangun pagi tidak membuat waktu tidurmu bertambah lama tetapi malah mengganggu siklus tidur.

"Saat kamu mendesak tombol snooze, siklus tidur akan terusik serta kamu malah jadi lebih ngantuk dibanding dengan waktu kamu langsung bangun (waktu alarm mengeluarkan bunyi)," kata neuropsikolog Dr. Sanam Hafeez.

Bila siklus tidur telah amburadul, maka susah buat badan untuk memastikan kapan harus bangun serta kapan harus tidur, hingga akan berasa semakin susah untuk bergerak dari tempat tidur. Akhirnya badan akan berasa capek sepanjang hari.

2. Melepaskan Sarapan

Beberapa orang yang seringkali melepaskan makan pagi atau serta memandang jika sarapan tidak penting. Kenyataannya, banyak riset yang menjelaskan jika sarapan bisa menolong konsentrasi, konsentrasi, tingkatkan daya dan membuat kamu masih kenyang hingga menahan untuk makan terlalu berlebih di waktu seterusnya.

Sarapan dapat menolong turunkan efek penyakit jantung serta diabetes. Berdasar riset, orang yang tidak sarapan akan merasakan lebih lapar pada siang hari serta makan semakin banyak pada malam hari. Menurut Hafeez, tak perlu harus mengonsumsi sarapan berat seperti telur, roti serta buah, tapi yang penting ialah mengawali hari dengan suatu hal yang sehatkan. Bila tergesa-gesa karena itu bisa konsumsi yang gampang, seperti yoghurt, energy bar atau kacang-kacangan.

3. Bersiap-Siap dengan Keadaan Kamar yang Gelap

Agar mengawali hari dengan mood yang baik, Hafeez merekomendasikan untuk bangun serta bersiap-siap dengan kondisi jendela yang terbuka, hingga cahaya matahari bisa masuk. Jendela bisa ditutup kembali waktu malam hari.

Riset temukan jika sinar bisa memengaruhi siklus bangun serta tidur. Sedang berdasar riset dari jurnal PLOS One temukan jika sinar pada pagi hari bisa turunkan berat tubuh. Jadi, semakin banyak sinar semakin lebih baik.

4. Memercayakan Kopi

Bukan bermakna kopi 100 % punya pengaruh jelek pada tubuhmu, sebab sebenarnya minuman berkafein mempunyai dampak baik pada badan. Contohnya saja menguatkan daya ingat, meningkatkan tenaga, menolong menantang diabetes, serta masih banyak.

Tapi bila minum kopi membuat kamu seperti ketagihan serta tetap mengandalkannya tiap pagi, karena itu malah bisa mengakibatkan kerusakan tingkat daya keseluruhannya. Minum satu cangkir kopi pada pagi hari bukan permasalahan tetapi bila kamu betul-betul capek serta perlu tidur karena itu beristirahatlah, olahraga serta sarapan sehat. Bukan ambil pilihan dengan minum kopi.

5. Membuat Ketetapan di Menit Paling akhir

Untuk menahan hari jelek yang mungkin menimpamu, karena itu persiapkanlah semua saat malam awalnya, hingga kamu semakin lebih bebas, mempunyai waktu yang semakin banyak serta tidak tergesa-gesa.

Persiapan yang bisa dikerjakan seperti pilih pakaian yang akan digunakan keesokan hari, mempersiapkan bekal untuk makan siang, serta mempersiapkan kunci-kunci yang kemungkinan dibawa. Membuat ketetapan dengan tergesa-gesa membuat kita tidak bisa berpikir lebih bebas. Itu kenapa beberapa orang yang paling sukses di dunia memakai seragam yang sama sehari-harinya.

6. Tetap Memeriksa Hp

Pada saat ini hp atau smartphone adalah alat komunikasi yang sangat penting serta hampir tidak dapat terlepas dari pegangan. Ini jadikan hp jadi hal pertama yang disaksikan waktu bangun tidur.

Menurut pakar psikologi, rutinitas ini benar-benar tidak dianjurkan sebab bisa membuat satu orang malah jadi tidak bahagia serta mempunyai produktivitas yang rendah selama seharian. Sebaliknya, sempatkan diri untuk diri kita terlebih dulu sebelum memeriksa telephone genggammu. Dapat dengan membaca buku, atau pergi jalan-jalan serta meditasi.

7. Menghadapi Hal Jelek yang Dapat Berlangsung

Berhentilah untuk berpikir jelek serta pesimis pada hari-hari yang akan kamu lalui sebab bagaimana juga bila kamu telah pikirkan beberapa hal negatif, akan membuat kamu depresi serta bisa membuat harimu lebih jelek.

"Tetapkan pagimu dengan pekerjaan yang menyenangkan serta bacaan inspirasional untuk awal yang positif," kata Joel B. Ingersoll, Ph.D., CMC.

Tidak ada orang yang prima, tapi bila kamu dapat menghindarkan rutinitas ini karena itu kegiatan harimu bisa lebih terpacu.

7 Rutinitas Jelek waktu Bangun Pagi yang Dapat Mengakibatkan kerusakan Mood Sepanjang hari