7 Tips Menyiapkan Ruang Sholat Di Rumah



Buat kaum muslim, sholat adalah beribadah yang harus digerakkan. Ditambah pekerjaan beribadah lainnya seperti membaca Al Quran dan lain-lain. Tetapi banyak antara kita tidak membagikan satu ruang di rumah dengan dekorasi yang pas untuk memberi dukungan pekerjaan beribadah itu. Walau sebenarnya dengan design serta dekorasi yang benar, kegiatan beribadah di rumah bisa jadi lebih khusuk. Sebelum membuat mushola di rumah, ada banyak hal yang perlu dilihat, diaantaranya :

MEMPERLIHATKAN UKURAN
Hal pertama yang butuh Anda tunjukkan ialah ukuran luas mushola. Ukuran minimal yang baisa dipakai 70 cm X 140 cm untuk seseorang. Bila Anda ingin mendesain tiga shaf dengan peruntukan 3 orang per shaf karena itu ukuran ruang yang dibutuhkan seputar 2,5 X 4 m.

MENYESUAIKAN ARAH KIBLAT
Arah mushola sesuai dengan arah kiblat supaya pemakaian ruang jadi lebih efisien. Anda dapat tutup dengan dinding yang permanen supaya kegiatan sholat bisa berjalan lebih khusuk. Tetapi Anda dapat juga memakai satu partisi ruang di rumah Anda dan arah kiblat sholat.

FURNITURE
Rack atau almari area untuk menyimpan perlengkapan beribadah semestinya diletakkan di ruang yang gampang dicapai. Almari minimalis dengan mode yang sederhana dengan pilihan yang pas.

MENYESUAIKAN WARNA
Warna interior ruang mushola semestinya diambil warna yang dingin serta mempersejuk mata. Misalnya warna hijau muda, kre, biru muda, salem serta beberapa warna pastel. Jangan memakai beberapa warna yang jelas serta panas. Bila Anda ingin memadupandankan warna, pilih warna yang seirama atau netral serta jangan pilih gabungan warna yang kontras.

MEMILIH KARPET
Anda dapat pilih sajadah yang tebal supaya proses beribadah sholat berasa nyaman. Anda juga bisa mengadakan satu karpet tebal lebih dulu dibawah permukaaan sajadah. Motif serta skema karpet semestinya yang polos.

TATA CAHAYA
Tata sinar ruang mushola butuh dilihatkan. Pencahayaan yang cukup serta pun tidak terlalu berlebih.

MEMBERIKAN PENGHARUM

Hadirkan kenyamanan dalam ruang mushola dengan menebarkan aroma aroma.

7 Tips Menyiapkan Ruang Sholat Di Rumah