Inilah 6 Peluang Usaha yang Cocok untuk Pelajar

Inilah-6-Peluang-Usaha-yang-Cocok-untuk-Pelajar

Seiring dengan perkembangan zaman, kini bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Keberadaan internet memudahkan kita untuk menjangkau pelanggan lebih luas dibandingkan dengan tanpa internet beberapa tahun silam. Dengan begitu, peluang usaha pun sangat terbuka lebar, khususnya bagi pelajar yang menginginkan uang tambahan dari usaha sampingan.

Pelajar zaman now tentu saja tidak hanya sekedar belajar dan mengikuti ekstrakurikuler. Banyak dari mereka yang memiliki motivasi tinggi untuk memulai bisnis, sehingga daya kreatifitas mereka terus terasah. Bisnis-bisnis yang dijalankan tentu saja bervariasi, mulai dari kuliner, clothing, jasa terjemahan, dan masih banyak lagi.

Manfaat memulai bisnis saat masih duduk di bangku sekolah tentu saja banyak, diantaranya mendapatkan penghasilan, belajar mengelola bisnis, menambah kreativitas, mengasah semangat juang, memperluas jaringan bisnis, meringankan beban orang tua, dan masih banyak lagi. Dengan melihat manfaat tersebut, kamu tentu saja tidak ingin melewatkan berbagai peluang usaha bisnis, kan?

Peluang Usaha yang Cocok untuk Pelajar

Berhubung mahasiswa tidak memiliki waktu penuh untuk berbisnis, maka tidak semua bisnis bisa dijalankan. Lalu, apa saja ide bisnis yang cocok untuk pelajar? Simak ulasannya berikut ini.

Bisnis Pulsa
Bisnis pertama yang bisa kamu lakukan yaitu berjualan pulsa. Bisnis yang satu ini tentu saja sangat mudah untuk dilakukan karena tidak menguras waktu dan uga tenaga. Bisnis pulsa hanya membutuhkan smartphone saja. Dengan begitu, bisnis ini tentu saja tidak akan mengganggu waktu belajar kamu.

Meskipun keuntungan yang didapat terbilang sedikit, namun jika dikumpulkan tentu saja akan menjadi bukit. Segala sesuatu tentu saja membutuhkan konsistensi yang matang agar bisa mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Bimbingan belajar
Jika kamu merasa cukup pandai dalam satu atau lebih mata pelajaran, maka hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa mengadakan les privat bagi teman-teman di lingkungan sekolah yang memiliki kendala dalam memahami mata pelajaran tersebut. Bisnis seperti ini tentu saja bisa menambah uang jajan sehari-hari tanpa menyusahkan orang tua lagi, kan?

Bisnis online
Bisnis yang satu ini menjadi usaha yang banyak dilakukan oleh pelajar. Kamu bisa menjual berbagai barang yang sedang hits atau banyak dibutuhkan oleh orang, seperti jilbab, pakaian, makanan ringan, minuman, aksesoris ponsel, skin care, dan masih banyak lagi. Jika kamu tidak memiliki modal untuk jualan, kamu bisa menggunakan sistem dropship.

Cukup memberikan pesanan pelanggan pada distributor, lalu barang tersebut akan dikirimkan atas nama kamu. Selain itu, kamu juga bebas menentukan harga barang yang akan dijual jika menggunakan sistem dropship. Namun, pastikan harga tersebut ada di standar harga pasaran, ya!

Jasa print
Sekolah biasanya akan memberikan tugas berupa karya tulis ilmiah atau laporan-laporan yang mengharuskan kamu untuk mencetaknya. Jika kamu pandai memanfaatkan situasi, gunakan kesempatan tersebut untuk berbisnis, yaitu dengan menawarkan jasa print tugas. Hal ini tentu saja akan sangat berguna bagi teman-temanmu yang tidak ingin repot-repot pergi ke tempat fotokopi.

Kamu bisa memanfaatkan printer yang ada di rumah. Dengan begitu, teman-temanmu akan mengirimkan filenya melalui e-mail. Seru, kan, bisa mendapatkan uang jajan tambahan dengan bisnis yang satu ini?

Makanan ringan
Makanan ringan selalu menjadi cemilan favorit saat waktu istirahat. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan bisnis yang satu ini di sekolah. Kamu bisa menjual gorengan, snack, bakso goreng, keripik singkong, mie kremez, donat, dan masih banyak lagi. Selain disukai banyak orang, jajanan-jajanan tersebut juga relatif memiliki harga yang terjangkau. Usaha sampingan yang satu ini tentu saja sangat menjanjikan!

Penulis Lepas
Jika kamu suka menulis, jadilah seorang penulis lepas. Zaman sekarang, kamu bisa menjadikan menulis sebagai sumber penghasilan secara mudah. Pasalnya, kini tersedia berbagai media online maupun jasa content writing yang tersebar di internet. Sebelum adanya media online, penulis lepas biasanya akan mengirim tulisannya ke media cetak yang tentu saja saingannya sangat banyak.

Itulah enam peluang usaha sampingan yang cocok untuk pelajar. Semoga bermanfaat.

Inilah 6 Peluang Usaha yang Cocok untuk Pelajar