Tips Memilih Meja Makan agar Cocok dengan Ruang Makanmu



Meja makan ialah “bintang” penting di ruangan makan. Bukan ruangan makan namanya jika furniture yang satu ini tidak ada. Sebab tidak hanya di ruangan keluarga, di meja ini semua pekerjaan bersama dengan keluarga dapat juga berlangsung, dari mulai makan (tentu saja), bercakap dengan satu atau semua keluarga, kerjakan PR, sampai melepas capek sekalian berkhayal (atau ngemil makanan yang berada di sana).


Sebab peranannya untuk “menciptakan” hubungan keluarga, pilih meja makan yang nyaman ialah hal yang penting. Jika meja makan di ruangan tamumu nyaman, semua bagian keluarga pasti juga kerasan duduk disana untuk berhubungan atau lakukan apa pun. Sebaliknya, jika meja makannya tidak nyaman, jangankan dapat membuat hubungan keluarga berlangsung, kamu sendiri mungkin merasakan tidak nyaman serta malas makan disana.


Jadi, jika kamu baru geser rumah, atau ingin ganti meja makan di ruangan makanmu, coba untuk waspada memilihnya. Kesempatan ini kita punyai beberapa panduan pilih meja makan supaya pas dengan ruangan makanmu:
Pilih Meja dengan Bahan yang Pas

Pilihan bahan yang terbagus untuk meja makan tentunya kayu. Tetapi kayu yang diambil pun tidak bisa asal-asalan. Pilih meja makan yang memiliki bahan hardwood atau kayu kompak, contohnya kayu mahoni, maple, oak, atau jati. Jangan memakai kayu komposit atau kombinasi seperti MDF (Medium Density Fiberboard), yang dibuat dari kombinasi kayu keras serta halus yang dikompres jadi papan.


Yup, memang jika disaksikan dari harga, meja makan dari kayo kompak ini mahal, sebab kayu yang dipakai memang berharga tinggi. Tetapi harga itu diikutkan dengan ketahanan dan kemampuan kayunya yang benar-benar bagus. Sekali memilikinya, meja dari kayu ini harusnya dapat tahan sampai sekian tahun tanpa ada rusak, lapuk, atau fakta apa pun yang membuat harus ditukar. Plus struktur serat dari kayu-kayu ini membuat mejanya kelihatan lebih menarik.
Lihat Ukuran serta Dimensi Mejanya

Yang ke-2 yang perlu kamu lihat ialah ukuran, bentuk, serta dimensi meja makannya. Pertama, kamu butuh pastikan jika ukuran meja makanmu muat untuk menampung semua bagian keluarga. Jadi jika kamu tinggal berlima, yakinkan meja makannya muat untuk lima orang. Yang perlu kamu lihat ialah ukuran dan bentuk mejanya. Bentuk di sini contohnya oval, persegi, bulat, atau persegi panjang. Jadi deskripsi, meja dengan ukuran 1×0.5 mtr. harusnya cukup untuk empat sampai enam orang.


Tetapi tidak hanya memerhatikan apa mejanya cukup untuk jumlahnya bagian keluarga di dalam rumah, yakinkan meja itu cocok untuk luas ruanganmu. Ini satu kali lagi memperhitungkan ukuran serta bentuk mejanya. Jika mejanya begitu besar serta mengonsumsi semua ruangan kosong di ruangan makan, kamu tidak punyai ruangan gerak. Tetapi jika begitu kecil, mejanya tidak jadi konsentrasi atau pusat penting ruangannya. Untuk bikin mejanya cocok, kamu dapat manfaatkan bentuk mejanya. Contohnya, meja bentuk oval bagus untuk ruang yang kecil sebab masih dapat memberi ruang kosong. Meja bentuk persegi pas untuk ruang yang sempit, lalu meja persegi panjang pas untuk ruang yang luas.
Paling akhir, Yakinkan Modelnya Pas dengan Mood Ruangan Makanmu

Lihat ruang makanmu serta perabotannya. Seperti apa perabotnya? Apa ruangan makanmu menunjukkan nuansa atau style tersendiri? Atau kamu punyai gagasan spesial mendesain ruangan makan dengan topik tersendiri? Jika demikian, lihat mode meja makan yang kamu pilih sesuai situasi atau mood ruangan makanmu. Jika tidak, meja makanmu kemungkinan berasa out of place atau salah tempat sebab tidak “menyatu” dengan warna dan bentuk perlengkapan lain yang berada di ruang makanmu.

Tips Memilih Meja Makan agar Cocok dengan Ruang Makanmu