Menguak Perbedaan Nutrisi Yang Terkandung Pada Kurma Segar dan Kering



Anda pasti tidak asing dengan kurma, kan? Makanan berwarna cokelat serta berasa manis ini terkenal waktu bulan Ramadan serta Lebaran. Tidak hanya bisa langsung di nikmati, buah ini dapat juga dibikin jadi kue serta cemilan lezat yang lain. Menurut riset, buah kurma mempunyai banyak faedah untuk kesehatan. Tetapi, di antara kurma fresh dengan kurma kering, mana yang lebih memiliki nutrisi?

Faedah kurma berdasar kandungan nutrisinya

Kurma memang berasa manis hingga beberapa orang berpikir bila makanan ini tidak baik untuk kesehatan. Walau sebenarnya, kandungan nutrisi buah kurma benar-benar baik untuk kesehatan bila dikonsumsi dengan pas. Nah, berikut faedah baik itu kurma kering atau kurma fresh yang mungkin Anda temukan, mencakup:

  • Kaya anti-oksidan. Buah kurma memiliki kandungan banyak polifenol, salah satunya senyawa anti-oksidan, dibandingkan buah atau sayuran yang lain. Senyawa ini diakui bisa membuat perlindungan badan dari peradangan.
  • Memiliki kandungan gula alami. Kandungan gula dari buah kurma dapat secara cepat gantikan daya yang hilang.
  • Tinggi serat. Konsumsi 1/4 dari 1 cangkir buah kurma nyatanya penuhi 12% keperluan serat harian. Diluar itu, makanan ini menolong Anda kenyang lebih lama.
  • Kaya kalium. Kurma memiliki kandungan kalium tinggi hingga menolong badan jaga elektrolit masih imbang. Tercukupinya kalium membuat perlindungan kesehatan jantung serta menolong pembangunan otot dan protein pada tubuh.

Apa beda kurma fresh dengan kurma yang dikeringkan?

Di market, fresh date (kurma fresh) ada dalam struktur yang lunak atau kering. Sesaat dried date (kurma kering) cuma ada struktur yang kering sebab telah lewat proses pengeringan. Walau struktur kering, fresh date yang kering masih memiliki kandungan sedikir air (sedikit basah sisi dalamnya) dibandingkan dengan dried date.

Tidak hanya teksturnya yang berlainan, kurma fresh umumnya bertahan sampai 8 bulan sampai 1 tahun bila disimpan dalam kulkas atau freezer. Lain dengan kurma yang dikeringkan yang dapat tahan sampai 1 tahun bila disimpan dalam wadah kedap udara serta tahan sepanjang 5 tahun bila disimpan di frezeer.

Mana yang lebih memiliki nutrisi: kurma kering atau kurma kering?

Berdasar kandungan kalori, kurma kering mempunyai kalori yang tambah tinggi. Seputar 100 gr kurma yang dikeringkan memiliki kandungan 284 kalori sedang kurma fresh memiliki kandungan 142 kalori. Bila Anda sedang dalam program turunkan berat tubuh, karena itu semestinya pilih kurma fresh yang punyai kalori lebih rendah.

Kandungan makronutrien pada kurma yang dikeringkan dengan kurma fresh berlainan. Makronutrien ialah nutrisi yang diperlukan badan dalam jumlahnya besar, seperti protein, lemak, serta karbihidrat. Kandungan karbohidrat serta serat pada kurma kering tambah lebih besar dibandingkan kurma fresh.

Dalam 100 gr kurma fresh memiliki kandungan 1, 7 gr protein, 1 gr lemak, 37 gr karbohidrat, serta 3,5 gr serat. Sesaat kurma yang dikeringkan dalam ukuran yang sama, memiliki kandungan 2,8 gr protein, 0,6 gr lemak, 76 gr karbohidrat, serta 5 gr serat.

Tidak hanya ketidaksamaan jumlahnya makronutrien, kandungan mikronutrien seperti mineral dan vitamin pada dua type kurma ini berlainan. Kurma kering memiliki kandungan kalsium serta zat besi yang makin banyak, tetapi kurma segara memiliki kandungan makin banyak vitamin C.

Pada 100 gr kurma fresh memiliki kandungan 34 mg kalsium, 6 gr zat besi, serta 30 mg vitamin C. Sesaat kurma kering dengan ukuran yang sama, memiliki kandungan 81 mg kalsium, 8 mg zat besi, tanpa ada vitamin C. Baik itu kurma kering atau kurma fresh, keduanya mempunyai keunggulan nutrisi semasing. Anda bebas pilih mana yang lebih sesuai keperluan Anda.

Menguak Perbedaan Nutrisi Yang Terkandung Pada Kurma Segar dan Kering