Yuk, Ketahui Penyebab Umum Kelumpuhan yang Jarang Diketahui!

Sumber: Health.detik.com

Kelumpuhan adalah kondisi dimana satu atau beberapa bagian tubuh tidak dapat digerakkan. Kondisi ini diakibatkan oleh cedera atau penyakit tertentu. Kelumpuhan pun dapat terjadi sementara bahkan selamanya (permanen).

Setelah anda mengetahui apa itu kelumpuhan, selanjutnya anda wajib mengetahui apa penyebab umum terjadinya kelumpuhan.

Dilansir dari halaman alodokter, otot berperan penting dalam mengendalikan setiap gerakan tubuh manusia. Dalam menggerakkan tubuh, otot bekerja sama dengan tulang, saraf, dan jaringan antara otot, saraf, dan tulang. Kelumpuhan terjadi ketika salah satu jaringan tersebut mengalami gangguan.

Ini penyebab umum terjadinya kelumpuhan. Dokter akan menentukan jenis pengobatan berdasarkan penyebab terjadinya kelumpuhan. Seperti, fisioterapi, terapi okupasi, obat-obatan, penggunaan alat bantu, bahkan operasi.

Berikut ini adalah kondisi yang dapat menyebabkan kelumpuhan:

1. Stroke
   Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan di salah satu sisi wajah, lengan dan tungkai secara mendadak.
2.  Bell’s Palsy
     Kondisi ini menyebabkan kelumpuhan di salah satu wajah tiba-tiba, tanpa disertai kelumpuhan di tempat lain.
3.  Cedera Otak
    Cedera yang disebabkan karena terjadinya benturan keras di kepala, yang dapat mengganggu fungsi otak sehingga berisiko memicu kelumpuhan di bagian tubuh mana pun.
4.  Cedera Saraf Tulang Belakang
     Kelumpuhan yang diakibatkan cedera saraf tulang belakang dapat terjadi di tungkai saja, di lengan dan tungkai, atau kadang juga di otot dada. Kelumpuhan dapat terjadi secara perlahan, bahkan mendadak.
5.  Polio
   Polio menimbulkan kelumpuhan di bagian lengan dan tungkai, hingga kelumpuhan otot pernapasan. Kelumpuhan terjadi secara perlahan, selang beberapa tahun setelah terinfeksi polio.
6.  Sindrom Guillian-Barre
     Kondisi ini menyebabkan kelumpuhan di tungkai, serta dapat menyebar secara bertahap ke lengan dan wajah setelah beberapa hari atau minggu.
7. Cerebral Palsy
    Cerebral Palsy merupakan kondisi cacat lahir yang menyebabkan kelumpuhan di salah satu sisi tubuh, termasuk lengan dan tungkai. Kelainan ini disebabkan gangguan perkembangan otak yang terjadi saat bayi dalam kandungan.
8.  Multiple Sclerosis
     Kondisi ini dapat menyebabkan kelumpuhan di bagian wajah, lengan, atau tungkai dengan gejala yang hilang-timbul.
9.  Myasthenia Gravis
    Serupa dengan multiple sclerosis, menyebabkan kelumpuhan di wajah, lengan, atau tungkai dengan gejala yang hilang-timbul.
10. Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS)
    Kondisi ini menyebabkan gangguan saraf otak dan tulang belakang, sehingga penderitanya beresiko mengalami kelumpuhan di wajah, lengan, atau tungkai secara bertahap. Terkadang ALS menyebabkan kelumpuhan pada otot pernapasan.


Sedangkan menurut dari sumber di klikdokter, kelumpuhan dapat terjadi dari lahir atau kecelakaan ataupun komplikasi penyakit. Adapun tiga penyebab utama kelumpuhan yaitu stroke, cedera tulang belakang, dan multiple sclerosis. Penyebab lainnya seperti cerebral palsy, syndrom pasca polio, cedera otak, neurofibromatosis dan kelainan kongenital.

Menurut dari sumber di ezinearticles, ada banyak kecelakaan dan situasi yang dapat menyebabkan kelumpuhan. Secara keseluruhan itu adalah hilangnya sebagian atau seluruh pergerakan dan indra. Quadriplegia adalah kehilangan penuh pergerakkan dan kemampuan sensorik. Sedangkan paraplegia ialah kehilangan sebagian, biasanya berarti kehilangan mobilitas dan indra yang terjadi dari bagian pinggang ke bawah. Selain itu, yang biasanya diakibatkan oleh kerusakan sumsum tulang belakang, dapat berdampak sangat serius pada korbannya.

Dari sumber hellosehat, ada jenis lumpuh yang disebut paraplegia, yaitu kondisi yang umumnya diakibatkan oleh cedera saraf tulang belakang, tulang belakang, ligament, atau cakram pada ruas-ruas tulang belakang. Selain peristiwa traumatis, cedera dapat disebabkan oleh arthritis, kanker, inflamasi, infeksi, atau degenerasi cakram tulang belakang.  Ketika terjadi kondisi traumatic atau non traumatik di bagian tersebut, serat-serat saraf dapat mengalami kerusakan, sehingga otot-otot bagian bawah tubuh akan bermasalah. Berikut ini penyebab utama cedera saraf tulang belakang :

1. Kecelakaan
2. Terjatuh
3. Tindak kekerasan
4. Olahraga ekstrem
5. Cedera dari kecelakaan kendaraan bermotor
6. mengalami penyakit seperti kanker, arthritis, osteoporosis, dan peradangan saraf tulang belakang

Sekian pembahasan mengenai penyebab umum terjadinya kelumpuhan. Sudah paham?

Yuk, Ketahui Penyebab Umum Kelumpuhan yang Jarang Diketahui!