Tingkatan-tingkatan dalam Audit Energi

Perusahaan-Audit-Energi-Sewatama

Badan usaha maupun perusahaan harus teliti dalam memilih Perusahaan Audit Energi. Audit energi tidak hanya sebuah formalitas saja, melainkan salah satu jalan agar perusahaan dapat berjalan lancar dan berkembang lebih cepat. 

3 Tingkatan Audit Energi

Perusahaan Audit Energi yang profesional akan mampu menjadikan badan usaha atau perusahaan lebih berkembang dan maju. Audit energi bertujuan untuk menentukan cara terbaik mengurangi penggunaan energi dan mengurangi biaya operasi atau produksi Berdasarkan tingkat kedalaman yang dihasilkan, audit dibedakan menjadi :

1. Pengamatan Singkat (Walk –Through Audit)

Audit energi dengan pengamatan merupakan tingkat kegiatan paling rendah tepatnya level 1. Aktivitas yang dilakukan yaitu mengumpulkan data yang bersifat umum dan melakukan pengamatan singkat secara virtual dan wawancara. 

Kemudian melakukan analisis dan evaluasi data yang sangat dasar pada sistem pemanfaatan energi. Pihak audit energi juga kan melakukan analisis dan evaluasi mengenai intensitas pemakaian dan benchmark intensitas energi rata-rata terhadap perusahaan sejenis. Tujuan dari audit untuk mendapatkan gambaran umum pengelolaan energi. 

2. Audit Energi Awal (Preliminary Audit)

Audit Energi Awal atau Preminary Audit adalah level kedua dari tingkat kegiatan audit. Adanya audit level dua yaitu untuk mengetahui besarnya potensi penghematan energi. Audit lebih lengkap dibanding dengan audit singkat dan informasi yang digunakan sudah didasarkan dengan hasil pengukuran.

3. Audit Energi Terperinci

Audit Energi Terperinci merupakan level tertinggi dari tingkat kedalaman yang dihasilkan. Audit energi akan lebih mendalam dengan ruang lingkup yang lebih luas. Rekomendasi yang diberikan pun telah didasarkan atas kajian teknis dengan urusan prioritas yang jelas. 

Hasil dari audit terinci yatu uraian lengkap tentang jenis dan sumber energi, faktor yang mempengaruhi efisiensi energi, karakteristik operasi peralatan dan potensi penghematan energi. Audit Energi Terperinci akan membutuhkan beberapa minggu tergantung sifat dan kompleksitas pabrik. 

Perusahaan Audit Energi handal yang recomended yaitu Sewatama. Kami telah berdiri sejak puluhan tahun lalu yang tentunya sudah ahli dibidangnya. Para klien merasa puas dengan jasa yang kami berikan. Tidak hanya sebagai audit energi saja, kami juga menyediakan penyewaan berbagai peralatan yang akan membantu Anda menghemat energi.

Tingkatan-tingkatan dalam Audit Energi