Perut Terasa Kembung, SehatQ.com Rekomendasikan Tips Berikut!


Kondisi perut kembung tentu membuat Anda merasa tidak nyaman. Rasa sakit akibat perut yang penuh gas membuat keinginan kentut tidak tertahankan. Coba bayangkan kalau Anda harus bepergian atau pergi ke kantor dengan kondisi perut kembung? Pasti Anda merasa tidak nyaman, bukan? Ternyata kondisi perut kembung bisa disebabkan oleh masalah pencernaan, alergi makanan, intoleransi laktosa, konsumsi air putih berlebihan, gejala masuk angin, dan lain-lain. SehatQ.com menyarankan Anda untuk segera mengatasi masalah perut kembung.


5 bahan alami yang bisa mengatasi perut kembung

Sebenarnya kondisi perut kembung bisa sembuh sendiri, tetapi Anda bisa menggunakan bahan alami yang sanggup mengatasi perut kembung. Berikut 5 bahan alami yang mudah dan murah untuk mengatasi perut kembung :


1. Pisang

Buah yang sangat mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat bisa mengatasi kondisi perut kembung. Kandungan potasium pada buah pisang bisa mengatasi masalah pencernaan dan melawan dampak dari perut kembung tersebut.


2. Perasan lemon

Kandungan vitamin C pada buah lemon bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, buah lemon acap digunakan sebagai masker kulit wajah. Konsumsi perasan lemon bisa meningkatkan metabolisme dan asam hidroklorik yang efektif melancarkan saluran pencernaan. Air lemon bisa mencegah produksi gas berlebih yang sebabkan perut kembung.


3. Jahe

Mengkonsumsi secangkir jahe hangat sangat efektif dalam mengatasi perut kembung. SehatQ.com menyarankan rempah alami yang mengandung gingerols untuk mengatasi perut kembung. Sifat anti inflamasi pada jahe bisa menjaga perut Anda tetap sehat sebab bisa mencegah produksi gas yang berlebihan.


4. Daun mint

Bagi Anda yang menanam tumbuhan mint di rumah, wajib memanfaatkan daun mint untuk mengatasi perut yang begah. Studi ilmiah menunjukkan bahwa daun mint bisa mengurangi mual dan mendukung saluran pencernaan lebih baik. Selain itu, daun mint yang dicampurkan dengan air hangat bisa mengurangi kejang pada usus.


Hal yang perlu Anda waspadai kalau menggunakan daun mint sebagai obat perut kembung alami adalah mengantisipasi refluks lambung. Bagi orang yang memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung akut, sebaiknya hindari konsumsi peppermint.


5. Kunyit

Kunyit sudah lama digunakan sebagai ramuan tradisional yang bisa mengatasi perut kembung. Anda bisa menggunakan bubuk kunyit sebagai ramuan atasi perut kembung. Caranya kunyit dihaluskan dan dicampur dengan air panas, saring dan minum dalam kondisi hangat. Kandungan kurkumin pada kunyit efektif menjadi anti inflamasi yang bisa meredakan perut kembung, kelebihan gas atau sakit perut. Tak hanya bisa dijadikan minuman saja, kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk smoothie atau kari.


Anda bisa menggunakan bahan alami yang efektif meredakan perut kembung di atas. Sebaiknya hindari minuman bersoda saat perut dalam kondisi begah. Hal ini bisa memperburuk kondisi perut kembung Anda. Guna meringankan rasa sakit atau mengurangi produksi gas berlebihan pada perut, sebaiknya lakukan aktivitas fisik seperti berenang, berjalan atau berlari.


Jika perut kembung Anda tidak kunjung sembuh setelah mengkonsumsi ramuan alami diatas, Anda bisa menggunakan fitur konsultasi gratis dengan dokter SehatQ.com yang kredibel. Bisa saja perut kembung merupakan gejala penyakit tertentu yang wajib Anda waspadai.


Anda bisa mendapatkan rekomendasi penanganan lewat direktori obat di SehatQ yang aman dan efektif mengatasi perut kembung. Selama pandemi yang mewajibkan Anda mengurangi aktivitas di luar rumah, obat yang dipesan dari toko kesehatan akan langsung diantar ke rumah, lho! Yuk, kunjungi laman resmi SehatQ sekarang juga!

Perut Terasa Kembung, SehatQ.com Rekomendasikan Tips Berikut!