Otopain, Obat Tetes Telinga Yang Ampuh Bersihkan Kotoran Sekaligus

Foto: Canva.com pro

Otopain merupakan obat tetes telinga yang memiliki fungsi untuk mengatasi infeksi pada telinga. Obat tersebut masuk ke dalam kelas terapi yang dilengkapi dengan zat antiinfeksi. Bagi anda yang ingin menggunakan obat tersebut, ada baiknya untuk mengetahui penjelasannya berikut ini.

 

Kontradiksi Obat Khusus Telinga

Obat tetes telinga yang satu ini tak bisa digunakan bagi orang yang sedang memiliki perforasi gendang telinga. Lantas mengapa demikian? obat tersebut memiliki kandungan zat Neomisin Sulfat serta Polimixin. Kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko tuli apabila digunakan pada orang yang mengidap perforasi gendang telinga.

Selain perforasi gendang telinga, orang yang memiliki gangguan pada kanal luar auditory juga tak boleh menggunakan obat tersebut. Biasanya, risiko penyakit demikian disebabkan oleh infeksi Viral Cutaneous. Penggunaan obat tersebut dapat menyebabkan kontraindikasi yang memperparah penyakitnya.

Jadi, sebelum menggunakan obat tersebut, periksalah ke dokter untuk memastikan bahwa bahwa anda tak memiliki perforasi dan gangguan kanal luar auditory. Kontradiksi juga bisa terjadi kepada orang yang hipersensitif terhadap suatu kandungan obat.

 

Manfaat Obat Tetes Telinga

Obat Otopain memiliki manfaat yang berfokus pada bagian telinga saja. Obat tersebut berguna untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab infeksi pada telinga dengan cara efektif. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat Neomisin Sulfat dan Polimixin.

Perpaduan keuda zat yang terkandung dalam obat tersebut dapat mengobati infeksi akibat dari aktivitas bakteri seperti Staphylococus aureus, Pseudomonasaeruginosa, Eschericia coli, Neisseria sp, dan Enterobacter sp.

Selain kandungan Neomisin dan Polimixin, terdapat kandungan lain pada obat tersebut yang memiliki khasiat ampuh. Beberapa manfaat dari obat ini mulai dari antiradang, antipruritis, dan antialergi . Khasiat tersebut bisa didapatkan karena adanya kandungan Fludrocortisone di dalam obat tersebut.


Dosis Yang Tepat Untuk Menggunakannya

Telinga yang sedang mengalami infeksi akibat serangan bakteri dapat diatasi dengan obat ini asalkan digunakan dengan dosis yang dianjurkan dokter atau tulisan pada kemasan. Biasanya dosis obat tetes telinga adalah sebanyak 2 hingga 4 kali dalam sehari 4-5 tetes.

Akan tetapi, dosisnya ini bisa saja berbeda bagi Anda yang telah berkonsultasi dengan dokter dan memberi tahu semua keluhan infeksi telinga. Pada kasus pengobatan obat tetes Otopain, infeksi telinga yang berat dapat memberikan dosis yang cukup tinggi.

Jangan menggunakan dosis obat tersebut melebihi sepuluh hari. Sekalipun selalu mematuhi dosis harian tersebut namun jika penggunaan obat tersebut lebih dari 10 hari maka tidak diperbolehkan agar telinga tidak rusak.

Simpanlah obat ini di tempat yang memiliki suhu kurang 25 derajat celcius. Janganlah membiarkan obat telinga berada di dalam pembeku (freezer). Kedua alasan tersebut dikarenakan bisa mengubah zat-zat yang ada di dalam obat tersebut.

 

Efek Samping Obat Tetes Telinga

Ada beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari obat tersebut. Adapun efek samping yang sering muncul berupa sensitivitas lokal pada area sekitar telinga. Efek samping ini dapat membuat telinga menjadi resistensi terhadap antibakteri dalam jangka panjang.

Tanda reaksi alergi juga bisa saja muncul sebagai efek samping penggunaan obat tersebut. Umumnya, tanda tersebut akan nampak bagi pasien atau konsumen yang memiliki hipersensitivitas terhadap kandungannya. Tak hanya itu, efek samping lain yang bisa ditimbulkan dapat membuat kulit luar pada bagian telinga menjadi lebih peka.

seperti yang sudah dijelaskan Penggunaan obat Otopain haruslah sesuai anjuran dokter atau petunjuk pada kemasan, tergantung beratnya penyakit. Dengan demikian, anda akan terhindar dari efek samping berbahaya.

Demikian penjelasan lengkap mengenai obat tetes telinga dengan kualitas terbaik dan ampuh. Setelah mengetahui ketentuan dosis, manfaat, kontradiksi, dan efek sampingnya, anda bisa menggunakan obat tersebut dengan aman dan nyaman untuk melawan sakit trlingan.

Otopain, Obat Tetes Telinga Yang Ampuh Bersihkan Kotoran Sekaligus