Padi Umkm Memberikan Fitur Eprocurement, Simak Informasi Cara Menangkan Tender Pemerintah


Platform digital inisiasi kementerian bumn ini mengadakan eprocurement yang nantinya terdapat lelang proyek bumn dan tender proyek untuk membantu para pelaku usaha UMKM agar lebih berkembang. Belum pasti kapan lelang proyek bumn akan siap diisi oleh para BUMN tergabung untuk memberikan pengalaman baru bagi para UMKM baru maupun UMKM lama yang telah terhubung dengan platform digital lelang proyek bumn berikut ini. Lelang proyek bumn dinyatakan akan hadir dalam website resmi padiumkm.id namun dari pihak padiumkm.id sendiri belum memberikan klarifikasi apapun mengenai peresmian eprocurement tersebut.

Proyek yang melibatkan nilai besar dibutuhkan beberapa strategi dan persiapan. Berikut di antaranya: Kualifikasi Pada proses kualifikasi, peserta tender diminta untuk menyiapkan dokumen-dokumen pendukung atas kompetensi perusahaannya. Bila tahap ini tak dapat dilewati peserta tender, jangan harap dapat menembus proyek tersebut. Metode pelelangan Pada proses lelang, salah satu yang perlu diperhatikan lainnya adalah metode pengadaan. Metode ini digunakan untuk memilah perusahaan mana yang laik untuk dipilih berdasar pada syarat dan ketentuan pada informasi lelang.

Metode pelelangan akan berhubungan dengan pembuatan surat penawaran yang ditujukan kepada pelaksana lelang. Yang harus diperhatikan dalam pembuatan surat atau jaminan penawaran adalah masa berlaku jaminan penawaran, nama perusahaan yang dijamin, hingga besaran nilai jaminan. Pada sistem kerja seperti pelelangan, jaminan penawaran akan dibuat dalam bentuk Bank garansi (Bank Guarantee) dan diterbitkan oleh bank untuk diberikan kepada pihak penerima jaminan. Jaminan itu dipegang sebagai antisipasi apabila pihak yang dijamin tidak bisa memenuhi kewajiban untuk membayar uang berdasarkan kesepakatan atau kontrak kerja.

Hal tersebut juga dapat diterapkan saat melakukan rencana bisnis. Sebagai pebisnis, Anda mungkin memiliki banyak proyek yang pelaksanaannya membutuhkan pihak lain. Anda memerlukan keyakinan bahwa pihak lain akan memenuhi komitmennya sesuai kontrak. Di sinilah guna Bank Garansi. Sebagai produk bank, jenis Bank Garansi beraneka rupa tergantung fungsinya. Jaminan yang dipakai khusus untuk memenuhi syarat tender atau lelang adalah Bid Bond. Untuk memilikinya, peserta tender harus menunjuk bank sebagai mitra yang dipercaya. PT Bank Central Asia Tbk adalah salah satu perbankan penyedia layanan tersebut. Dengan dukungan ini, perusahaan memiliki jaminan saat bertransaksi dagang.

Platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN yang hadir pada Agustus 2020 dengan tujuan untuk membantu pelaku usaha UMKM agar mampu Go Digital dan siap bersaing baik secara nasional maupun internasional. Beberapa BUMN gabungan siap untuk berbelanja secara rutin dengan platform digital ini agar UMKM mampu bertahan dan terus berkembang untuk masa depan terutama selama masa pandemi masih berada di Indonesia.

Tingginya potensi UMKM dalam menjadi roda utama penggerak ekonomi bangsa di berbagai situasi ekonomi, membuat Kementerian BUMN dan seluruh BUMN bersinergi untuk membangun platform yang dapat menggerakkan ekosistem UMKM secara digital dan sistematis dalam skala nasional berkelanjutan. Untuk itulah PaDi UMKM hadir. PaDi UMKM dan fitur-fitur di dalamnya, didesain untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan UMKM secara sistematis di era digital, pada skala nasional maupun global.

Padi Umkm Memberikan Fitur Eprocurement, Simak Informasi Cara Menangkan Tender Pemerintah